Thursday, September 27, 2012

PUASA TANPA GANGGUAN PENCERNAAN


Keluhan yang paling sering terdengar saat puasa adalah gangguan berupa maag dan heartburn. Heartburn adalah rasa panas di ulu hati,yang kadang disertai dengan rasa kaku/keram pada otot perut. Biasa muncul pada saat perut penuh,tubuh tidak beraktivitas kembali. Misalnya,jika kamu langsung tidur setelah makan sahur.

        Saat berbuka, batalkan dengan segelas air/minuman manis dan usahakan tidak minum minuman yang bersuhu dingin/terlalu panas. Lalu,tunggu sekitar 10/15 mnt ,kemudian santaplah hidangan pembuka yang ringan/segelas susu. Sebaiknya tidak langsung menyantap makanan utamasaat berbuka, karena saat kosong dalam waktu lama, otot-otot lambung tidak siap menerima volume makanan dalam ukuran besar. Karena itu tak ada salahnya kamu salat tarawih dahulu sebelum menyantap makanan utama. Tarawih dalam keadaan perut penuh,kamu akan merasa sebah/mual karena lambung belum siap mendorong makanan ke usus.
        
       Pada hari pertama dan kedua, mungkin gangguan pencernaan masih terbilang wajar karena perut dalam keadaan kaget. Namun jika berlangsung terus menerus, tentunya ada yang salah dengan pola makan kamu. 


sumber : majalah MODIS

0 comments:

Post a Comment