Friday, March 22, 2013

Tips Menghilangkan Stres


 » Definisi stres adalah kesulitan-kesulitan yang dialami manusiaberdasarkan pengalaman, dan yang muncul dari kesadarannya akan ancaman-ancaman yang dihadapinya. Stres sangat berkaitan dengan kejadian yang dialami sehari-hari. Hidup Anda dalam keseharian akan penuh dengan berbagai stres. Baik yang muncul dari rumah tangga, jalanan, problem keuangan dan pekerjaan rutin sebagai hasil interaksi Anda dengan rekan-rekan kerja yang berbeda pendidikan, situasi, kondisi, pengalaman, kecenderungan, kecerdasan, etika dan prioritas mereka. Bahkan barangkali berbeda dalam setiap sisi kehidupan mereka.
tips menghilangkan stress dengan cepat 295x300 Tips Menghilangkan Stres

Selain itu terdapat beberapa tekanan jiwa (stress) lain yang kita ciptakan sendiri. Keikutsertaan kita dalam suatu studi, dalam membaca sebuah buku misalnya, atau menjalankan olahraga yang teratur, persiapan untuk berlibur atau naik pangkat dalam pekerjaan, melaksanakan aktifitas apapun dengan kehendak kita, merupakan sebuah tekanan, sekali pun yang demikian itu termasuk tekanan jenis lain yang tidak buruk. Bahkan dapat memperkaya kehidupan kita dengan sensasi-sensasinya, dan kadangkala menimbulkan goncangan-goncangan yang membuat kita lemah di hadapan jalan keluarnya, dan akhirnya kita terpaksa mencarikan solusinya. Terkadang tekanan-tekanan jiwa tersebut mempersulit, khususnya yang bersifat sosial. Ketika seseorang berusaha mencari jalan keluarnya, terlahirlah pada dirinya goncangan-goncangan yang membuatnya tidak sanggup mengubahnya menjadi kestabilan.
Akhirnya ia merasakan pahitnya kegagalan, khususnya ketika kegagalan tersebut timbul dari tuntutan-tuntutan sosial yang menyimpang, sementara ambisi lebih besar dari kemampuan untuk melaksanakan. Alhasil iapun tidak sanggup menemukan solusinya. Tekanan-tekanan internal merupakan interaksi-interaksi kondisi kejiwaan manusia yang muncul dari dalam dirinya. Ketika jiwa manusia berusaha mengetahui apa yang sedang bergejolak di dalam dirinya, maka ini bukanlah usaha yang mudah. Bahkan jiwa itu sendiri sulit menguaknya. Terlebih ketika seseorang berada di hadapan dirinya sendiri dalam keadaan tidak mampu menemukan suatu solusi yang dapat menenangkan pergolakan tersebut. Apabila seseorang dapat mengenal dirinya, maka dengan pengenalan tersebut ia dapat sampai kepada ketenangan dan ketentraman jiwa.
Adanya gejala stres memiliki sejumlah dampak negatif yang dapat menjangkiti manusia. Dari keseluruhan anggota masyarakat, 50% di antaranya melakukan kunjungan ke dokter sebagai akibat langsung tekanan kejiwaan dan berbagai penyakit yang timbul darinya, seperti penyumbatan aliran darah dan cemas, apalagi dampak-dampak kelemahan fisik atau kesehatanpada generasi saat ini lebih banyak dari pada generasi sebelumnya. Di antara cara menghindari stres adalah rileks dan melakukan olahraga jalan kaki yang memiliki sejumlah manfaat bagi berbagai lapisan masyarakat di saat mereka menjalankan aktifitas sehari-hari. Melalui olahraga dan gerak, kita dapat menangkal penyebab stres. Yang pada gilirannya dapat memperkuat otot-otot jantung dan sanggup melawan penyakit-penyakit yang timbul dari stres. Demikianlah seseorang dapat terbebas dari kecemasan dan gejala-gejala penuaan dini sebelum waktunya bila mampu mengelola stres dengan baik. Jadi, kita harus meluangkan diri kita, walaupun hanya sebentar, untuk melakukan olahraga dan relaksasi.

sumber : http://www.azamku.com

1 comments:

uw said...

bagus bagus (y) :D +1 aku mbaaak :D

Post a Comment